Minggu, 07 Februari 2010

Merawat “Flash Disk” agar Tahan Lama


Ya, benda yang secara fisik tergolong kecil ini sangat membantu kita untuk keperluan penyimpanan data dalam jumlah yang relatif besar mulai dari 128 MB sampai satuan GB. Tinggal pilih deh sesuai kebutuhan dan anggaran yang dimiliki. Selain mudah digunakan, media penyimpanan yang tersambung ke port USB (Universal Serial Bus) ini juga mudah dibawa kemana-mana. Agar flash disk tetap terjaga dan bisa bekerja dengan baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan saksama. Diantaranya :

  1. Jauhkan flash disk dari benda-benda yang memiliki medan magnet yang kuat seperti televisi, radio dan ponsel. Medan magnet yang terlampau kuat menjadi hal yang kerap membuat flash disk rusak.
  2. Hindarkan flash disk dari suhu panas yang terlalu tinggi, percikan air dan benturan karena hal ini akan dapat merusak flash disk secara permanen. Ada juga beberapa merk flash disk yang tahan air dan benturan, walau demikian tak ada salahnya kan mencegah terjadinya hal-hal tersebut?
  3. Pastikan saat Anda meng-copy data ke flash disk, data tersebut sudah bebas virus. Kalau flash disk sudah terjangkit virus yang berbahaya, tak jarang satu-satunya solusi adalah dengan memformat ulang. Langkah ini dikhawatirkan justru akan membuat usia flash disk menjadi lebih pendek.
  4. Gunakan perintah “stop” atau “eject” sebelum Anda melepas flash disk dari port USB. Selain membuat flash disk cepat rusak, mencabut flash disk secara langsung bisa membahayakan data yang ada di dalamnya.
  5. Tutup flash disk ketika tidak digunakan, agar flash disk terhindar dari kotoran.
  6. Dianjurkan untuk tidak terlampau sering melakukan proses hapus – tulis (delete – write) mengingat flash disk juga memiliki usia yang terbatas. Demikian pula saat bekerja, simpanlah data atau dokumen di dalam hard disk terlebih dahulu, jangan langsung ke flash disk. Maksudnya, agar temporary file tidak akan tersimpan di dalam flash disk. Masuknya temporary file tentu akan menambah isi flash disk dan otomatis mengurangi usianya.
  7. Anda punya yang lain?? Silahkan ditambahkan

0 komentar:

Posting Komentar

Profil 7B

Foto saya
Kita harus menjadi orang yang bertaqwa

Pengikut